Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan atau SPPT-PBB lewat BNI Mobile Banking

BNI Mobile Banking

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan atau SPPT-PBB lewat BNI Mobile Banking. Istilah SPPT-PBB sebenarnya sama dengan Pajak Bumi dan Bangunan yang selama ini kita bayar tiap tahunnya. Bagi yang belum tahu, Pajak Bumi dan Bangunan adalah pungutan atas tanah dan atau bangunan yang muncul karena adanya keuntungan dan atau kedudukan sosial bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atas tanah atau bangunan tersebut. Pajak ini bersifat kebendaan. Contoh untuk objek bumi adalah sawah, ladang, kebun, dll. Contoh untuk objek bangunan adalah rumah tempat tinggal, bangunan usaha, jalan tol dan sejenisnya. Jadi kalau anda punya tempat tinggal, tiap tahunnya harus bayar pajak bumi dan bangunan ini. Apalagi untuk sekarang ini banyak urusan-urusan administrasi pemerintah khususnya di desa atau kelurahan yang wajib atau harus membawa slip tanda lunas SPPT-PBB atau pajak bumi bangunan ini. Misal membuat surat izin usaha, kenaikan pangkat, bahkan ada orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah harus melampirkan slip pembayaran SPPT-PBB ini.

Bagaimana Cara Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan?

Sekarang masuk ke inti postingan ini yaitu bagaimana metode atau cara pembayaran pajak bumi dan bangunan ini? Pada dasarnya membayar pajak bumi dan bangunan ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk pembayaran offline anda bisa membayar langsung ke kantor pos atau bank. Untuk pembayaran online anda bisa melalui banyak pilihan, misal lewat mobile banking, ATM, internet banking, atau juga bisa lewat marketplace-marketplace semacam tokopedia, shopee, dan sejenisnya. Nah disini yang dibahas khusus adalah pembayaran pajak bumi dan bangunan lewat mobile banking khususnya dipostingan ini adalah BNI mobile banking. Hal ini karena berdasarkan pengalaman saya sendiri membayar tagihan pajak PBB ini menggunakan BNI mobile banking. Saya punya alasan kenapa harus BNI mobile banking? dari pengalaman, saya sudah mencoba membayar tagihan pajak bumi dan bangunan melalui berbagai channel online, tetapi tidak semua daerah tersedia, misal saya pernah mencoba membayar lewat salah satu marketplace, ternyata saat mau input nama daerah, tidak ada daerah saya. Kemudian saya mencari cara lain, kebetulan saya coba BNI Mobile Banking ini, dan alhamdulilah tanpa harus memasukan nama daerah, cukup dengan input nomer pajak-nya saja, langsung bisa dibayarkan dengan mudah.

Bagaimana Langkah-Langkah Membayar Pajak PBB Lewat BNI Mobile?

Berikut langkah-langkah membayar Pajak PBB lewat BNI Mobile.

  • Saya anggap anda sudah punya BNI Mobile Banking, buka aplikasinya dan login ke akun anda
  • Akan masuk menu dashboard BNI Mobile Banking-nya, pilih menu Pembayaran
Bayar PBB via BNI Mobile
  • Kemudian akan tampilan halaman berikut ini, pilih menu Pajak.
Bayar PBB via BNI Mobile
  • Akan muncul jendela pop-up baru, pilih PBB
Bayar PBB via BNI Mobile

  • Setelah itu anda disuruh mengisi Nama Singkat, Nomer Objek Pajak, dan Tahun SPPT. Jika sebelumnya belum terdaftar, pilih bagian Input Baru. Setelah selesai diisi dengan benar, klik Lanjut
Bayar PBB via BNI Mobile

  • Kemudian nanti di bagian akhir, biasanya disuruh memasukan PIN transaksi-nya, lalu anda eksekusi hehe. Mudah bukan?
Biasanya pembayaran Pajak PBB ini paling lambat dibayar di bulan september tiap tahunnya, jadi biar tidak kena denda usahakan bayar paling lambat bulan september. Demikian postingan tentang Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan atau SPPT-PBB lewat BNI Mobile Banking. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Bayar Pajak Bumi dan Bangunan atau SPPT-PBB lewat BNI Mobile Banking"