Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sistem pembuatan atau registrasi SIM sudah bersifat nasional dan semua sudah bisa dilakukan secara online. Sobat blogger bisa membaca postingan-postingan blog ini sebelumnya tentang perpanjangan SIM online, salah satunya di link ini. Nah dalam postingan sebelumnya tersebut sedikit sudah dijelaskan bahwa untuk bisa memperpanjang SIM secara online, sarat utama adalah SIM lama anda posisi atau statusnya harus sudah online atau bahasa lainnya SIM lama anda sudah terdigitalisasi. Disini saya ambil kesimpulan bahwa SIM lama yang dimaksud adalah SIM model lama. Maka dari itu di postingan ini saya akan menekankan atau menjelaskan secara khusus bagaimana meng-online-kan SIM model lama ke SIM model baru.

Keuntungan Meng-online-kan SIM Model Lama

Seperti dijelaskan di atas, disini kita fokus bagaimana mengonlinekan SIM model lama. SIM model lama adalah SIM yang belum terintegrasi secara online, contoh bentuk SIM model lama adalah seperti gambar berikut.

Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru
Mungkin ada yang nanya, apa sih keuntungan meng-online-kan SIM model lama, atau untuk apa sih kita perlu mengonlinkan SIM model lama? Berikut alasan-alasan SIM model lama perlu dionlinekan.

  • Jika SIM lama status-nya sudah online, maka untuk memperpanjangnya nanti pun bisa dilakukan secara online yaitu lewat aplikasi di android HP kita, sehingga tentunya kita bisa lebih hemat waktu dan biaya, serta bisa dilakukan lebih fleksibel kapan kita mau memperpanjangnya.
  • Keuntungan lainnya jika SIM lama kita sudah online, maka saat memperpanjang secara offline nanti, bisa dilakukan dimana saja tanpa harus ke tempat pembuatan SIM-nya dahulu. Misal contoh gambar diatas, lihat bagian pojok kanan atas, tertulis POLDA METRO JAYA. Itu berarti SIM tersebut dulu dicetak di POLDA METRO JAYA. Nah jika SIM tersebut belum online, maka jika kita mau memperpanjangnya maka kita harus memperpanjangnya di area wilayah POLDA METRO JAYA. Tetapi jika SIM tersebut statusnya sudah online, maka kita bisa memperpanjangnya dimanapun kita berada di Indonesia, ga harus di wilayah hukum POLDA METRO JAYA.

Langkah - Langkah Meng-online-kan SIM Lama

Sebenarnya langkah-langkah meng-online-kan SIM lama ini sudah sedikit dijelaskan di postingan sebelumnyadi link ini. Tapi disini saya akan ulas sedikit lebih detil agar sobat blogger bisa lebih memahaminya. Sarat utama untuk mengonlinkan SIM model lama kita adalah kita harus punya aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI di HP kita. Jadi download dulu di playstore lalu kita install dulu ya. Nah untuk tahap-tahap mulai mendaftar akun di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI silakan baca postingan Mengurus SIM dan STNK Bisa Serba Online, Daftar Dulu di Aplikasi Digital Korlantas Polri

Jika sudah mempunyai akun di aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI, langkah berikutnya adalah proses verifikasi data. Proses verifikasi data ini terdiri dari verifikasi data SIM dan verifikasi data pribadi. Nah disini yang dimaksud mengonlinkan atau men-digitalisasikan SIM lama adalah saat proses verifikasi data SIM lama kita. Langsung saja cara digitalisasi atau mengonlinekan SIM model lama adalah sebagai berikut.

  • Anggap saja tadi sudah punya akun DIGITAL KORLANTAS POLRI, lalu kita masuk atau login ke aplikasi tersebut, nanti akan tampil halaman dashboard akun kita. Kita klik menu yang bertuliskan Lakukan Verifikasi Dokumen Anda Secara Digital. Lihat seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.
Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru
  • Jika sudah diklik maka berikutnya akan muncul halaman seperti pada  gambar di bawah ini.
Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru
  • Itu adalah halaman untuk upload SIM lama kita. Kita tinggal pilih SIM A atau SIM C. Kemudian dibawahnya ketik Nomer SIM kita. Bisa juga dengan cara alternatif Tempel Kartu (HP yang sudah support NFC) atau dengan cara Pindai Kartu yaitu dengan scan barcode yang ada di SIM Lama. Tapi saya sarankan menggunakan cara manual saja dengan ketik manual Nomer SIM lama kita.
  • Jika sudah diisi semuanya, klik SIMPAN DATA di bagian pojok kanan atas.
  • Nanti jika berhasil halaman dashboard akun anda akan tampil seperti pada gambar berikut.
Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru
  • Ada gambar SIM model baru di aplikasi kita. Walaupun berbeda dengan tampilan SIM model lama kita tapi di aplikasi kita sudah tertampil SIM model baru, artinya SIM lama kita statusnya sudah online atau sudah terdigitalisasi.  Catatan. Jika proses digitalisasi atau verifikasi SIM lama-nya gagal, solusinya adalah coba lagi berulang-ulang, atau lakukan di lain waktu, pastikan akses ke internet lancar, coba terus sampai berhasil.
  • Jangan lupa setelah SIM kita terverifikasi atau terdigitalisasi di aplikasi tersebut, langkah berikutnya lanjut verifikasi data pribadi. Silakan detilnya bisa baca di link postingan ini

Nah jika proses verifikasi atau digitalisasi SIM lama anda sudah berhasil, maka bisa dikatakan SIM lama anda sudah online secara sistem, anda bisa memperpanjang-nya secara online lewat aplikasi yang sama yaitu aplikasi DIGITAL KORLANTAS POLRI. Untuk tutorial lengkap cara memperpanjang SIM online dari rumah bisa baca postingan yang berjudul Tutorial Cara Memperpanjang SIM 100% Online Tanpa Keluar Rumah.

Mungkin itu saja informasi mengenai cara meng-online-kan atau men-digitalisasi SIM model lama kita, semoga bermanfaat bagi sobat blogger.

Post a Comment for "Cara Meng-online-kan SIM Model Lama ke SIM Model Baru"