Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Halo sobat Penagun, lama ga update postingan, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya sendiri tentang cara mengatasi bunyi gredek atau berasa getar pada motor honda vario 150. Bunyi gredek ini biasanya timbul saat tarikan awal atau saat kecepatan rendah atau saat motor sedang berada di tanjakan. Kalau saya baca-baca di berbagai literasi, bunyi gredek ini ternyata memang cukup lazim sebagai penyakitnya motor matic hehe. Mungkin hampir rata-rata pengguna motor matic dari berbagai merk dan jenis pasti pernah mengalami kasus gredek atau getar ini. Kebetulan saya sendiri pemakai motor honda vario 150 yang usia motornya sekitar 2 tahun, dan mengalami sendiri kasus gredek atau getar ini. Jadi saya share disini dengan judul tertulis untuk motor honda vario 150. Mungkin tips dari pengalaman saya ini bisa dipakai atau digunakan untuk motor matic merk atau jenis lain ya. 

Penyebab Bunyi Gredek

Perlu diketahui bahwa bunyi gredek ini biasanya timbul hanya saat tarikan awal, nanti jika sudah melaju dengan kecepatan stabil, bunyi gredek itu biasanya hilang. Namun bagi saya atau mungkin bagi sebagian rider, bunyi gredek saat tarikan awal sangatlah mengganggu terutama untuk performance motor itu sendiri, kayak kurang tenaga gitu hehe. Sebelum saya bahas mengenai cara mengatasi bunyi gredek pada motor vario ini, kita bahas dulu apa sih sebenarnya penyebab motor vario ini timbul bunyi gredek atau getar pada tarikan awal? Sebenarnya ada beberapa penyebab terjadinya bunyi geredek pada matic vario ini. Tapi semuanya ada di area CVT atau Continuosly Variable Transmission. Bagi yang ga atau bagian CVT ini, lihat gambar dibawah ini, area CVT ditunjukkan pada lingkaran merah.

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Sebenarnya area CVT itu terdiri dari banyak komponen, dan penyebab bunyi gredek itu bisa terjadi di sebagian komponen di area CVT tersebut. Tapi untuk penyebab paling sering terjadinya bunyi gredek atau getar saat tarikan awal di vario 150 adalah adanya kotoran atau debu yang terkumpul pada area mangkok dan kampas kopling ganda di dalam CVT tersebut. Debu atau kotoran itu bisa di area mangkok-nya atau di area kampas kopling gandanya. Debu tersebut bisa membuat kampas kopling gandanya selip, membuat bidang yang menggesek atau menempel ke mangkok-nya tidak merata, sehingga menimbulkan suara gredek atau bahkan getaran sampai setang motor. Jika bagian CVT dibuka, akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Area mangkok ada di lingkaran merah. Di dalam mangkok itu terdapat kampas ganda.

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Cara Mengatasi Bunyi Gredek

Untuk cara mengatasi bunyi gredek ini jika tidak mau repot dan paling rekomendasi ya kita bawa saja motor kita ke bengkel resmi honda AHASS terdekat. Tapi kalau mau memperbaiki sendiri bisa dibuka area CVT-nya kemudian dibersihkan bagian komponen mangkok rumah koplingnya. Untuk kasus di motor vario 150 punya saya sendiri, pertama yang saya lakukan juga membersihkan area CVT tersebut. Tapi setelah seminggu ternyata bunyi gredek itu timbul lagi walaupun tidak separah pada awalnya. Tapi bagi saya seperti kurang nyaman saja hehe. 

Akhirnya solusinya saya putuskan ganti mangkok kopling dengan mangkok kopling asli AHM yang di custom (dikasih lubang-lubang). Selain itu juga saya mengganti kampas ganda bawaan vario 150 dengan kampas ganda berbahan karbon kevlar dari DAYTONA. Untuk mangkok kopling AHM yang dicustom bisa dilihat di gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Terlihat dari gambar di atas, mangkok rumah kopling-nya ada perbedaan dari bawaan honda, yaitu adanya lubang yang lebih banyak, itu fungsinya untuk menambah sirkulasi udara sehingga bisa membuang panas lebih banyak. Selain itu ada juga lubang-lubang kecil di sampingnya atau dibagian yang digesek oleh kampas ganda-nya, lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Lihat lingkaran merah pada gambar diatas, lubang-lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan debu yang berlebih, sehingga tidak akan menumpuk di area tersebut. Kemudian selain rumah mangkok kopling tersebut, juga saya melakukan penggantian pada kampas ganda-nya. Kampas ganda bawaan dari honda vario 150 saya ganti dengan kampas ganda model karbon kevlar dari Daytona. Berikut perbandingan gambar kampas ganda bawaan honda vario dan kampas ganda daytona.

Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150

Untuk kampas ganda yang saya pakai sekarang adalah jenis carbon kevlar dari merk daytona. Kampas ganda carbon kevlar dari daytona ini mempunyai kelebihan lebih tahan terhadap panas, performa geseknya lebih tinggi dan tentunya umurnya lebih panjang. Dari gambar diatas terlihat bantalan kampas daytona lebih panjang dari kampas bawaan honda.

Review dan Kesimpulan

Setelah melakukan penggantian 2 komponen yang ada di dalam CVT diatas, performa motor honda vario 150 saya terasa beda terutama saat tarikan awal, apalagi saat beban penuh (boncengan), nyaris bunyi gredek atau getar hilang. Semoga info share saya tentang Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150 bisa berguna buat sobat blogger semua. Selamat Mencoba.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Bunyi Gredek atau Getar Saat Tarikan Awal Pada Vario 150"