Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Terbaru Bayar Pajak PBB Kota Jambi Secara Online

Sebelumnya di postingan link ini, saya sudah posting mengenai cara pembayaran pajak PBB untuk kota jambi secara online. Di postingan itu cara bayar online-nya menggunakan BNI mobile banking. Pada postingan kali ini, saya masih akan share cara bayar PBB untuk kota jambi secara online tetapi menggunakan cara lain yaitu lewat website-nya kota jambi. 

Apa Itu Pajak PBB

Sebelum share mengenai pembayaran pajak PBB online di kota jambi, mungkin masih ada yang belum tahu apa itu pajak PBB. Pajak PBB merupakan singkatan dari pajak bumi dan bangunan adalah pajak yang dikenakan atau wajib dibayar bagi pemilik tanah dan bangunan di Indonesia. Untuk tagihannya berupa surat tagihan nominal pajak yang harus dibayar atau disebut SPPT-PBB singkatan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang - Pajak Bumi dan Bangunan. Jadi SPPT-PBB ini ibarat surat yang berisi info tagihan yang harus dibayar. Biasanya kita bawa surat SPPT-PBB ini tiap kita mau bayar secara offline di loket-loket atau kantor pos. Sedangkan untuk pembayaran online kita cukup melihat nomer objek pajaknya yang ada di SPPT-PBB. Tiap tahun biasanya kita dibagikan SPPT-PBB, biasanya dibagi oleh perangkat RT, atau kita bisa datang sendiri minta ke kelurahan atau kantor KPP Pratama yang ditunjuk. Sekarang ini, kita sudah bisa cetak mandiri SPPT-PBB tersebut, jadi lebih mudah tidak perlu keluar rumah, kita bisa cetak sendiri SPPT-PBBnya. Nanti mungkin akan saya posting sendiri cara cetak mandiri SPPT-PBB tersebut.

Cara Bayar Pajak PBB Kota Jambi

Seperti judul postingan ini, berikut cara membayar pajak PBB terbaru di Kota Jambi secara online.

  • Buka halaman website https://esppt.jambikota.go.id/
  • klik menu Link Pembayaran di bagian atas.
  • kemudian halaman akan scroll ke bawah secara otomatis
  • lalu klik link BUAT VIRTUAL ACCOUNT
Cara Terbaru Bayar Pajak PBB Kota Jambi Secara Online
  • Nanti biasanya disuruh mengisi kolom-kolom yang tersedia seperti kolom nomer objek pajak, tahun pajak, dan nama pembayar pajak.
Cara Terbaru Bayar Pajak PBB Kota Jambi Secara Online
 
  • Setelah diisi akan tampil link halaman untuk mendownload virtual account-nya. 
  • Biasanya hasil file download virtual accountnya berupa file PDF, di dalam file tersebut berisi informasi tagihan yang harus dibayar beserta cara pembayarannya menggunakan Virtual Account berupa QR Code, tampilannya seperti contoh di gambar berikut.
Cara Terbaru Bayar Pajak PBB Kota Jambi Secara Online
  • Sekarang buka mobile banking yang anda miliki, terserah mau BRI (Brimo), BCA mobile, BNI Mobile Banking, Mandiri (Livin), atau mobile banking dari bank-bank lain, yang penting ada fitur pembayaran menggunakan scan QR Code.
  • Jika sudah masuk dashboard atau akun mobile banking kita, biasanya ada semacam menu Scan QR Code. Nah pilih menu scan QR Code tersebut, kemudian akan mengaktifkan kamera HP kita. Lalu arahkan kamera kita ke code atau QR Code yang diberikan sebelumnya.
  • Jika proses scan berhasil, maka akan lanjut ke proses pembayaran di mobile bankingnya.
  • Jika transaksi berhasil maka pembayaran pajak PBB otomatis juga sudah berhasil.

Kesimpulan

Di era yang serba online sekarang ini, semua pembayaran apapun bisa dilakukan secara online alias dari rumah. Khusus untuk Pajak PBB ini, mencetak SPPT-PBB dan membayar PBB pun bisa dilakukan secara mandiri atau online. Jadi tidak ada alasan kesibukan untuk tidak bayar pajak PBB ya, hehe. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Terbaru Bayar Pajak PBB Kota Jambi Secara Online "