Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank

Pada postingan kali ini akan saya ulas bagaimana caranya mengganti kartu debit BCA atau lebih dikenal kartu ATM BCA tanpa harus kita ke bank. Tentunya kita akan melakukannya dengan jalur online sehingga sangat mengemat waktu dan tenaga. Kalau saya lihat dari sekian banyak bank-bank besar di Indonesia ini, sepertinya hanya BCA yang bisa melakukan penggantian kartu ATM-nya menggunakan jalur online atau tanpa harus pergi ke bank.

Tujuan Ganti Kartu ATM BCA

Sebelum melangkah ke cara ganti kartu ATM BCA secara online, saya ulas dulu mengenai yang melatarbelakangi atau tujuan kita harus mengganti kartu ATM BCA. Mengapa kita harus ganti kartu debit atau kartu ATM BCA kita? berikut beberapa alasannya.

  1. Karena ingin mengganti kartu ATM BCA model lama (magnetic tape) ke model chip. Seperti kita ketahui bersama bahwa sekarang ini seluruh model kartu ATM (semua bank) harus sudah menerapkan model chip. Model chip ini diklaim punya keunggulan dari segi keamanan.
  2. Alasan kedua mengganti kartu ATM BCA adalah karena masa kartu sudah expired atau kadaluarsa. Biasanya masa kartu ATM itu selama 5 tahun, setelah itu harus diganti yang baru.

Cara Ganti Kartu ATM BCA

Penggantian kartu ATM BCA bisa dilakukan dengan offline maupun online. Jika secara offline tentunya kita harus datang ke kantor bank BCA terdekat dengan membawa buku tabungan, ATM lama, dan juga identitas e-ktp. Biasanya nanti dikenakan biaya tertentu untuk penggantian kartu ATM tersebut. Ada juga cara lain cara ganti kartu ATM BCA secara offline yaitu mendatangi mesin CS digital BCA. Mesin CS digital biasanya ada di dalam bank BCA, tapi tidak semua bank BCA ada mesin CS digitalnya. Mungkin nanti untuk lebih detilnya saya buatkan postingan tersendiri mengenai mesin CS digital dari BCA.

Sedangkan jika kita mau mengganti kartu ATM BCA secara online maka kita wajib mempunyai bca mobile banking atau m-BCA. Disini saya anggap kita sudah mempunyai m-BCA. Berikut step by step cara melakukan penggantia kartu atm BCA melalui m-BCA.

  • Buka aplikasi BCA mobile,dan login di m-BCA kita. kemudian pilih menu AKUN SAYA di pojok kanan bawah.
  • Kemudian pilih menu GANTI KARTU
Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank
  • Lalu pilih jenis kartu yang diinginkan, MasterCard atau GPN. Kalau saya sendiri terakhir ganti kartu ATM BCA pilih yang GPN.
  • Langkah berikutnya klik LANJUT.
  • Selanjutnya kita diminta untuk mengisi formulir yang berisi informasi-informasi yang diminta, isi saja sesuai yang diminta disitu. Kemudian klik LANJUT
  • Lalu akan ada pilihan metode pengiriman kartu,  pilih saja kirim ke alamat terdaftar, jadi nanti kartu ATM yang baru akan dikirim ke alamat kita langsung. Oh ya kita dikenakan biaya sebesar Rp 20000 untuk biaya pengirimannya. Nanti ongkos kirim tersebut akan dipotong langsung dari saldo di rekening BCA kita.
  • Pastikan data dan informasi yang kita isikan sudah benar, lalu klik LANJUT
  • Request penggantian kartu ATM BCA telah selesai , tinggal nunggu kartu ATM BCA yang baru dikirim ke alamat kita.

Dari pengalaman saya, kartu ATM BCA yang baru akan sampai ke alamat kita kurang lebih sekitar 4-5 hari kerja. Biasanya kartu ATM BCA yang baru akan dikirim dalam bentuk amplop, seperti contoh dibawah ini.

Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank

Tapi perlu diingat bahwa kartu ATM BCA yang baru tersebut statusnya belum diaktifkan alias belum bisa dipake. Untuk itu harus segera diaktifkan di mesin ATM BCA terdekat.

Cara Aktivasi Kartu ATM BCA

Setelah kita menerima kartu debit atau ATM BCA yang baru, langkah selanjutnya kita harus aktivasi kartu tersebut maksimal 2 bulan dari sejak kita menerima kartu ATM BCA baru tersebut. 

Berikut cara mengaktifkan kartu ATM BCA kita yang baru diganti tersebut.

  • Lakukan permintaan kode aktivasi melalui SMS dengan format AKTIVASI<spasi>16 digit nomer kartu ATM anda yang baru.
  • kirim SMS tersebut ke 89888
  • Akan ada kode aktivasi yang masuk lewat SMS. Kode aktivasi tersebut akan kadaluarsa dalam 30 menit.
  • Langkah selanjutnya adalah segera pergi ke ATM BCA terdekat, jangan melebihi 30 menit. Jika melebihi 30 menit, kode yang dikirim lewat HP tadi tidak akan berlaku.
  • Didalam mesin ATM BCA, di layar depan pilih AKTIVASI KARTU ATM, bisa dilihat di gambar berikut.

Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank
  • Kemudian jika mesin ATM BCA minta kode aktivasi, tulis saja kode aktivasi yang ada di HP kita tadi.
  • Tunggu proses transaksi, jika sudah akan diminta PIN baru, ketik PIN baru 6 digit. Kemudian confirm ulang atau ketik ulang lagi PIN baru tadi. 
  • Aktivasi selesai dan ATM anda sudah aktif dan bisa untuk melakukan transaksi.
Mungkin itu saja sharing saya tentang Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank, Semoga Bermanfaat.


 


Post a Comment for "Cara Ganti Kartu ATM BCA Secara Online Tanpa Pergi ke Bank"