Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Jenis dan Fungsi dari Tongsis dan Tripod

Buat para konten kreator tentunya peralatan wajib utama yang mereka miliki salah satunya adalah tongsis ataupun tripod. Di pasaran, tongsis dan tripod sangatlah beragam varian dan jenis-jenisnya. Untuk itulah saya coba menulis dan share tentang berbagai macam jenis tongsis dan tripod, tentunya dengan bahasa saya sendiri sehingga bisa dipahami dengan mudah khususnya untuk para pemula yang baru memulai menekuni dunia konten kreator.

Fungsi dan Kegunaan Tripod dan Tongsis

Sebelum membahas macam-macam tripod dan tongsis, kita sedikit ulas mengenai fungsi atau kegunaan tripod atau tongsis ini. Bagi pemain konten kreator, tongsis dan tripod ini sangatlah membantu dalam memudahkan kerja mereka. Untuk tripod fungsi utamanya membantu memudahkan kita dalam memotret atau merekam video serta menghasilkan gambar atau rekaman yang lebih stabil alias tahan goyangan. Intinya kita ga perlu menggunakan tangan kita untuk memegang kamera, jadi kamera cukup ditaruh di alat tripod (bagian atas) ini. Sedangkan untuk tongsis sendiri agak sedikit berbeda fungsinya yaitu lebih ditekankan untuk membantu dalam foto selfie. Biasanya tongsis ini berbentuk tongkat yang panjangnya bisa diatur, kemudian ujungnya ada tempat untuk menaruh kamera. Untuk lebih jelasnya penggunaan foto selfie menggunakan tongsis bisa dilihat contoh gambar berikut ini.

Mengenal Jenis dan Fungsi dari Tongsis dan Tripod

Macam-Macam Jenis Tripod dan Tongsis

Nah dalam pembahasan disini, saya akan ulas macam-macam atau jenis-jenis dari tripod dan tongsis yang ada di pasaran. Mungkin pembahasan ini lebih cocok memang untuk para pemula dalam memulai membuat konten kreator. Karena apa yang dijual di market atau pasaran ternyata sangat beragam jenis-jenis-nya, sehingga untuk para pemula mungkin bisa bingung sendiri mana yang harus dipilih untuk dibeli. Apalagi tripod dan tongsis adalah peralatan wajib yang harus dimiliki oleh para konten kreator. Berikut ini macam-macam atau jenis-jenis dari tripod dan tongsis.

Tongsis

Tongsis singkatan dari tongkat narsis. Tongsis disini memang berbeda dengan tripod. Itu memang 2 alat yang berbeda secara bentuk dan fungsinya. Tongsis berbentuk tongkat tunggal yang panjang pendeknya bisa diatur. Digunakan untuk keperluan mengambil gambar selfie. Contoh berselfie ria dengan tongsis ini ada di gambar sebelumnya diatas ya, hehe. Ini salah satu alat yang dikenal tongsis.

tongsis

Dari gambar tongsis diatas bisa dilihat dibagian ujung terdapat wadah untuk menaruh kamera. Sedangkan dibagian bawah ada semacam tombol untuk memulai mengambil gambar, biasanya komunikasi antara tongkat selfie dan smartphone kita yaitu menggunakan bluetooth. Jadi saat kita sudah mulai mau jepreett, tidak perlu klik menu camera yang ada di smartphone kita, tapi cukup pencet tombol yang ada dibawah tongkat selfie tersebut.

Monopod

Nah berikutnya adalah monopod. Apa itu monopod. Monopod juga salah satu aksesoris atau pendukung dalam fotografi. Gunanya untuk menyangga atau menopang kamera, biasanya kamera berbobot besar. Namanya monopod jadi mempunyai satu kaki saja, dengan secara fisik lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana. Sering digunakan oleh kamera olahraga. Contoh monopod seperti gambar berikut.

monopod

Tripod

Kemudian untuk jenis berikutnya adalah Tripod. Tripod salah satu alat pendukung fotografi yang paling banyak digunakan. Fungsi dasarnya masih sama yaitu sebagai alat penopang kamera agar lebih stabil. Dari namanya tripod berarti punya 3 kaki panjang dari atas ke bawah. Salah satu bentuk tripod seperti contoh di gambar di bawah ini.

bentuk tripod

Dari gambar diatas terlihat 3 kaki kokoh tripod menjulang dari atas sampai ke bawah. Tripod diatas masuk golongan tripod profesional yang sangat cocok digunakan untuk area outdoor seperti permukaan-permukaan tanah yang tidak rata. Dengan bantuan tripod, maka camera akan lebih stabli dalam mengambil gambar atau rekaman.

Tongsis Tripod

Alat penunjang fotografi berikutnya adalah tongsis tripod, yang lumayan viral dan salah satu yang paling dicari oleh para konten kreator di beberapa marketplace. Ini adalah perpaduan antara tongsis dan tripod. Sebenarnya basic-nya adalah tongsis, tapi dia sedikit mempunyai 3 kaki di bagian bawah, sehingga selain fungsi tongsis untuk foto selfie, alat ini juga bisa dijadikan sebagai tripod untuk berdiri diatas lantai. berikut gambar contoh tongsis tripod.

tongsis tripod

Dari gambar diatas terlihat alat ini bisa berfungsi sebagai tongsis untuk selfie atau bisa juga sebagai tripod dengan membuka ketiga kakinya di bagian bawah. Ketiga kaki tersebut mirip seperti tripod, bedanya di tongsis tripod tersebut bentuknya kecil dan hanya ada dibagian bawah sedangkan di tripod profesional ketiga kakinya menjulang dari atas sampai ke bawah. Untuk kamera di tongsis tripod ini biasanya lebih cocok untuk kamera HP, walaupun ada juga tongsis tripod yang bisa dipasang kamera DSLR.

Nah sekarang sudah tahu kan jenis-jenis alat-alat penunjang fotografi terutama tongsis dan tripod. Silakan anda cari dan sesuaikan dengan kebutuhan anda mana yang cocok. Mungkin itu saja sharing tentang Mengenal Jenis dan Fungsi dari Tongsis dan Tripod. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for " Mengenal Jenis dan Fungsi dari Tongsis dan Tripod"