Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Agar Rekening Bank Kita Terhindar dari Dormant atau Dibekukan

Mungkin teman-teman ada yang mengalami tiba-tiba rekening bank-nya terkena status dormant. Disini akan saya bahas bagaimana agar rekening bank kita terhindar dari dormant. Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin banyak teman-teman yang belum tahu apa sih rekening dormant itu? Kalau bahasa yang mudah dipahami, kalau status rekening kita dormant itu sama saja rekening kita tidak aktif atau pasif. Dibawah ini contoh rekening yang statusnya dormant dari Bank Mandiri.

rekening dormant atau tidak aktif

Apa Akibatnya Jika Status Rekening Menjadi Dormant?

Yang terjadi jika status rekening kita dormant adalah kita tidak akan bisa melakukan transaksi perbankan apapun, misal tidak bisa cek saldo, tidak bisa mengirim uang, atau tidak bisa menerima uang. Nah repot sekali kan kalau rekening kita terlanjur kena status dormant atau tidak aktif. Karena akibatnya yang begitu menyusahkan, maka usahakan rekening bank kita jangan sampai terkena status dormant.

Penyebab Rekening Kita Menjadi Dormant

Sekarang kita harus tahu apa sih penyebab status rekening kita menjadi dormant atau tidak aktif. Ini penting sekali karena untuk menghindari rekening kita menjadi dormant maka kita wajib tahu penyebab-penyebab-nya. Penyebab-penyebab rekening menjadi tidak aktif antara lain : 

  • saldo dibawah minimum yang ditetapkan oleh pihak bank dan selama beberapa waktu tidak ada transaksi satu pun. Biasanya waktu yang ditentukan adalah selama satu tahun. Jadi jika selama satu tahun tidak ada transaksi apapun dan saldo dibawah minimum, dipastikan rekening akan berubah status menjadi tidak aktif. Tetapi ada juga beberapa bank yang berbeda dalam menentukan waktunya, misal ada yang 6 bulan tidak melakukan transaksi maka akan terkena dormant atau tidak aktif.
  • Nah beberapa bank menerapakan aturan beberapa bulan tidak melakukan transaksi apapun, walaupun saldo di atas minimum, tetap terkena status dormant. Jadi walaupun uang kita banyak di rekening, tetapi rekening tersebut tidak kita pakai buat transaksi selama kurun waktu tertentu (6 bulan atau satu tahun), maka rekening kita tetap kena dormant atau tidak aktif.

Cara Mencegah Agar Rekening Bank Terhindar dari Dormant atau Di-Nonaktifkan

Perlu kita mencegah rekening bank dari status dormant atau tidak aktif mengingat efek yang ditimbulkannya begitu merepotkan kita. Bayangkan, misal rekening kita masih ada saldo-nya, tapi tidak bisa digunakan atau tidak bisa menerima dana, akan sangat merugikan kita. Agar terhindar dari rekening dormant paling mudah adalah lakukan transaksi minimal sebulan sekali, terserah apapun transaksinya, entah itu kirim dana, terima dana, atau bisa juga sekedar cek saldo. Lakukan semua itu lewat mesin ATM atau mobile banking.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening yang Tidak Aktif

Jika rekening kita sudah terlanjur status dormant atau tidak aktif, maka untuk mengaktifkan kembali adalah melalui 2 cara yaitu : 

  1. Lewat aplikasi mobile banking. Biasanya pada mobile banking-nya sudah tersedia fitur untuk mengaktifkan kembali rekening kita yang statusnya tidak aktif. Cara ini hanya berlaku bagi yang rekeningnya sudah terhubung ke mobile banking.
  2. Cara mengaktifkan kembali rekening yang dormant adalah datang langsung ke bank terdekat dari rumah kita. Syaratnya biasanya hanya membawa buku tabungan dan identitas pribadi seperti e-ktp.

Mungkin itu saya share info tentang  Tips Agar Rekening Bank Kita Terhindar dari  Dormant atau Dibekukan , semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Agar Rekening Bank Kita Terhindar dari Dormant atau Dibekukan"