Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result

Seperti kita ketahui bahwa kita bisa menonton Youtube menggunakan STB yang tersambung ke perangkat televisi kita. Postingan detil cara menonton youtube via STB bisa anda baca di di link ini. Kali ini saya akan sharing atau berbagi info mengenai isu atau permasalahan yang terjadi pada STB atau alat penerima siaran TV digital yang berhubungan dengan akses youtube di STB. Permasalahan tersebut adalah tentang akses video youtube di STB yang sering error atau terdapat notif no result. Contoh tampilan error-nya adalah sebagai berikut.

Set Top Box Luby Seri 002 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result

Permasalahan tersebut sebenarnya sudah ada sejak sekitar 1-2 tahun yang lalu. Sudah banyak yang sharing tentang solusi atau pemecahan masalah tersebut, akan tetapi sampai sekarang sepertinya tidak semuanya solusi-solusi yang diberikan atau disharing tersebut bisa diterapkan oleh semua pemilik STB. Mungkin akan saya tulis atau rangkum disini terlebih dahulu beberapa solusi-solusi sebelumnya yang sudah ada sejak permasalahan ini muncul. Beberapa solusi yang saya rangkum disini saya ambilkan dari beberapa sumber antara lain chanel-chanel youtube maupun blog.

Beberapa Solusi Mengatasi Youtube Error atau No Result Pada Set Top Box (STB)

Solusi Pertama 

untuk mengatasi youtube Error pada STB adalah dengan cara update firmware pada STB tersebut. Jadi sedikit saya jelaskan bahwa sebenarnya brand atau merk STB seperti MATRIX, LUBY, POLYTRON, atau merk lainnya itu pada dasarnya membeli licensi sebuah software atau firmware yang bisa mengakses ke saluran youtube. Nah kadang software atau firmware itu secara berkala harus diupdate. Jadi jika firmware atau software tersebut ada pembaharuan maka kita biasanya tidak bisa mengakses youtube di STB lagi. Jadi untuk bisa mengaksesnya kembali kita butuh update software atau firmware. Secara umum langkah-langkah untuk update firmware-nya adalah sebagai berikut.

  • Pada remote STB, kita mulai dengan menekan opsi menu MENU. Biasanya hampir semua remote STB ada tombol menu-nya.
  • Nanti akan masuk tampilan yang banyak menu-menu-nya disitu. Nah cari yang menu-nya UPGRADE atau UPDATE. Mungkin tiap merek STB beda penamaan-nya. Kalau STB yang saya punya merk LUBY nama menunya UPGRADE.
  • Setelah dipilih menu UPGRADE, kemudian akan tampil halaman update, biasanya ada pilihan update lewat FTP (website) atau lewat USB Disk. Jadi terserah kita mau lewat mana, tapi biasanya yang paling mudah update lewat FTP atau dihubungkan dengan website penyedia firmware-nya. Ikuti saja untuk memulai update-nya sampai selesai. Jika sudah silakan coba mainkan menu youtube-nya apakah bisa diakses atau masih error.
Yang saya jelaskan diatas hanya uraian secara umum saja ya, untuk detilnya akan saya tulis di postingan khusus. Tunggu saja.

Solusi Kedua

Solusi kedua untuk mengatasi youtube error pada STB adalah dengan menggunakan aplikasi ketiga yang biasanya sudah disediakan pada menu-menu di STB khususnya STB untuk model-model sekarang. Kalau STB-STB model awal-awal sepertinya belum terdapat aplikasi-aplikasi tersebut. Apa nama aplikasinya? Macam-macam, tergantung merk STB-nya, tapi fungsinya pada dasarnya sama saja. Salah satu contoh aplikasinya bernama WeCast. Sebenarnya ada lagi aplikasi yang sejenis, biasanya nama bagian belakangnya berupa akhiran Cast hehe. Cara menggunakannya kita wajib membutuhkan satu buah HP android. Saat kita membuka aplikasi WeCast di menu STB-nya biasanya hanya ditampilkan sebuah QR Code. Nah QR Code itu harus dipindai menggunakan HP android, nanti di HP android kita baru muncul aplikasi WeCast-nya, lalu silakan di install di HP kita. Intinya apa yang kita tonton di HP akan tercermin di TV kita lewat penerima STB. Itu saja sih, untuk teknis cara menggunakan lebih detil-nya banyak yang sudah share, tapi lain waktu akan saya share di postingan tersendiri di blog ini karena di postingan ini pembahasannya khusus untuk solusi yang lain. 

Solusi Ketiga

Kemudian solusi ketiga untuk mengatasi youtube error atau no result di STB biasanya cukup kita biarkan dan menunggu saja hehe. Saya alami sendiri soalnya, kadang saya biarkan 2 minggu atau satu bulan, kemudian saya putar youtube di STB bisa berjalan normal lagi. Mungkin selama error, ada masalah atau gangguan pada penyedia firmware-nya untuk mengakses Youtube-nya. 

Solusi Keempat

Kita tidak bisa mengakses Youtube di STB, bisa jadi karena jaringan internet kita bermasalah. Biasanya solusinya coba ganti IP-nya, caranya dengan reset atau restart modem kita agar mendapatkan IP baru, kemudia silakan coba akses lagi Youtube di STB-nya.

Set Top Box (STB) Merk LUBY 002

Nah saat saya jelaskan tentang judul postingan ini kenapa dan ada apa dengan STB merk LUBY seri 002? hehe. Karena STB merk dan seri ini terbilang beda dari merk dan seri lainnya terutama dalam hal isu atau permasalahan yang banyak dijumpai pemilik STB yaitu tidak bisa mengakses Youtube. Perlu diketahui bahwa merk LUBY sampai sekarang sudah mengeluarkan 3 seri STB DVB-T2 diantaranya TYPE 01 atau LUBY 01 atau ada yang menulis STB DVB-T2-01, kemudian seri selanjutnya adalah TYPE 02 (LUBY 02) atau STB DVB-T2-02. Seri terakhirnya adalah STB DVB-T2-03 atau TYPE 03.

Perlu diketahui ketiga seri STB dari LUBY tersebut masih banyak dijual di pasaran terutama marketplace online. Sebenarnya dari ketiga seri STB LUBY tersebut, fungsi utamanya masih sama yaitu sebagai penerima siaran TV digital. Hanya saja tiap seri STB tersebut mempunyai fitur-fitur tambahan yang berbeda. Nah yang saya bahas di postingan ini adalah seri STB LUBY yang bisa dibilang paling stabil dalam memutar video di Youtube. Seperti penjelasan saya sebelumnya, banyak pengguna STB yang akhir-akhir ini kadang ga bisa memutar Youtube via STB seperti biasanya, dan ini terjadi hampir di semua merk STB termasuk LUBY, kecuali LUBY yang seri 02.

Kembali ke seri-seri STB yang diproduksi LUBY, berikut gambaran perbedaan dilihat dari bentuk-nya.

TYPE 01

Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result


TYPE 02

Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result


TYPE 03

Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result


Sekali lagi, dari ketiga seri STB LUBY tersebut, pilihlah yang seri 02. Dari pengalaman, seri tersebut jarang atau hampir ga pernah ada masalah dengan fitur youtube-nya. Kebetulan saya punya ketiga seri STB LUBY tersebut, saat pengetesan di waktu yang sama, seri 03 dan 01 tidak bisa atau error saat putar youtube-nya, tetapi untuk seri 02 berjalan normal youtubenya.

Mungkin itu saja sedikit sharing tentang Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Set Top Box Luby Seri 02 Putar Video Youtube Lancar Tanpa Error Dan No Result"