Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Masih membahas mengenai STB, pada postingan kali ini saya akan share cara pasang STB merk Luby seri T2-03. Seri T2-03 ini merupakan STB paling terbaru dari merk Luby. Seperti kita ketahui sebelumnya ada 2 seri STB yang sudah dikeluarkan oleh pabrikan Luby yaitu seri T2-01 dan T2-02. Nah kebetulan saya sudah mempunyai STB Luby seri T2-03, maka saya akan membahas mengenai cara pasangnya.

Bentuk Dan Tampilan STB Luby T2-03

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Gambar diatas adalah bentuk tampilan STB Luby seri T2-03. Sekilas hampir sama dengan kakak pendahulunya. USB port ada 2 buah yaitu terletak di depan dan di belakang. Di bagian depan ada tombol power, pengaturan channel, pengaturan volume, menu, dan tombol OK untuk eksekusi menu. Untuk  tampilan bagian belakang adalah sebagai berikut.

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Bagian belakang terdapat port RF-IN, RF-OUT, USB, HDMI OUT, port RCA (L, R, Video), dan kabel AC-IN. Dalam prakteknya nanti, yang dipakai biasanya adalah RF-IN, HDMI OUT, USB, RCA OUT, dan AC-IN. Berikut penjelasannya masing-masing. 

  • RF-IN : Port ini digunakan untuk memasang antena dari luar, biasanya antena jenis UHF.
  • HDMI : Port ini sebagai port keluaran baik keluaran suara maupun gambar. Biasanya port ini disambungkan ke TV yang sudah ada port HDMI-nya juga. Selain TV juga bisa dihubungkan ke monitor komputer yang sudah support HDMI. Jadi kita bisa memanfaatkan monitor komputer untuk dijadikan TV digital.
  • USB : Port USB ini sebenarnya port opsional, tidak bersifat wajib. Biasanya jika STB tidak menggunakan sumber AC PLN, maka alternatif-nya bisa menggunakan port USB ini yang nantinya disambungkan ke charger HP. Port USB ini juga bisa sebagai port untuk Wi-Fi dongle yang bisa digunakan untuk menonton youtube atau akses media internet lainnya.
  • RCA OUT : Fungsi port ini sama seperti HDMI, hanya ini teknologi lama, biasanya disambungkan ke televisi-televisi model lama seperti televisi tabung. Ada 3 kabel dalam sistem RCA tersebut yaitu kabel merah dan putih untuk koneksi suara kanan dan kiri, kemudian kabel kuning untuk saluran video atau gambar.
  • AC-IN : Sebagai sumber daya listrik yang nantinya dihubungkan ke stop kontak PLN.

Cara Pasang dan Setting STB Luby T2-03

Untuk pemasangan instalasi STB Luby T2-03 ini sebenarnya sama dengan instalasi pemasangan STB pada umumnya. Di model T2-03 Luby ini, pada bagian output kita bisa menggunakan port HDMI atau RCA, tinggal pilih menyesuaikan perangkat yang akan di sambungkan ke STB ini.

  • Cara Pasang STB lewat Port HDMI Pada Televisi LCD

Pada pemasangan ini, output dari STB akan kita sambungkan ke port televisi yang sudah support HDMI. Berikut gambar wiring atau diagram penyambungan STB ke TV LCD via HDMI.

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Perlu diingat pada pemasangan seperti diatas hanya bisa diterapkan pada televisi yang sudah support HDMI tetapi belum support Tuner TV digital. Jadi biasaya metode diatas cocok untuk televisi-televsi LCD atau LED generasi awal dimana televesi tersebut biasanya sudah support port HDMI tetapi belum bisa menangkap siaran televisi digital.

  • Cara Pasang STB Lewat Port RCA Pada Televisi Tabung

Untuk pemasangan STB lewat port RCA ini biasanya cocok digunakan untuk televisi-televisi jadul yang masing menggunakan tabung CRT. TV - TV model ini biasanya cuma tersedia port RCA saja. Untuk cara pemasangannya bisa dilihat pada gambar berikut.

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Perlu diingat bahwa di RCA ada 3 warna port atau jack, yaitu warna merah, putih, dan kuning. Warna merah dan putih adalah untuk saluran audio kanan dan kiri, sedangkan warna kuning untuk saluran video atau gambar-nya. Antara port RCA yang di STB harus sesuai warna-nya dengan port RCA yang di TV tabung. Jadi saluran kuning di STB harus dihubungkan ke saluran kuning juga di TV tabungnya, dan begitu juga dengan saluran audio-nya warna merah dan putih di STB harus dihubungkan dengan warna merah dan putih juga di bagian TV tabungnya.

  • Cara Mulai Setting Menu di STB Luby T2-03

Nah sekarang saya jelaskan cara setting STB Luby T2-03 khususnya bagian menu-menu-nya. Yang saya jelaskan di postingan ini yang utama adalah pada bagian penerimaan channel-channel siaran televisi digital-nya. Pastikan anda sudah merangkai teknis diagram pemasangannya seperti penjelasan sebelumnya diatas. Kemudian berikut langkah untuk memulai setting program-nya.

  1. Hidupkan televisi dan STB-nya. Kemudian kita akan setting di bagian televisi-nya dahulu, atau kita setting lewat remote TV-nya dahulu. 
  2. Pada remote TV-nya, masuk menu, cari dan pilih saluran input yang sesuai dengan saluran dari STB-nya. Misal STB-nya kita rangkai via HDMI, maka di menu televisi-nya kita pilih input HDMI. Begitu juga jika menggunakan sistem RCA, maka di bagian televisi biasanya ada pilihan AV1 dan AV2, tinggal di test satu-satu mana yang sesuai. Jika sesuai, maka di layar televisi biasanya akan muncul gambar logo dari STB-nya.
  3. Untuk STB Luby seri T2-03, setelah muncul logo Luby kemudian di layar TV akan muncul tampilan Installation Guide sebagai berikut. 
Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Jika tampilan sudah seperti diatas kita mulai menggunakan remote STB-nya. Pada pengaturan awal diatas, kita cukup atur Location Code yaitu kode pos daerah kita berada. Kemudian setelah itu baru kita pilih Channel Search untuk mencari siaran stasiun televisi digital-nya. Proses pencarian akan dilakukan secara otomatis, kita tunggu saja progressnya sampai selesai 100%.

Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03

Jika progress-nya sudah 100% biasanya secara otomatis kita sudah bisa menikmati stasiun-stasiun televisi digital, dan kita bisa memilih stasiun mana yang ingin kita tonton menggunakan menu CH+ atau CH- pada remote STB-nya. 

Nah mungkin itu saja sementara share info tentang Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03. Untuk menu-menu lainnya di STB Luby T2-03 ini akan saya bahas di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Pasang dan Setting STB Luby Terbaru T2-03"